img_head
SEJARAH PENGADILAN NEGERI TOLITOLI

Sejarah Pengadilan Negeri Tolitoli

Telah dibaca : 200 Kali

Sekitar tahun 1942 pasukan sekutu dan Jepang menghancurkan ibukota Afdeling Donggala maka, pada tahun 1950 tempat pemerintahan dialihkan ke Palu. Berdasarkan Undang-Undang Darurat No. 1 Drt/1951 tentang Tindakan-Tindakan Sementara untuk Menyelenggarakan Kesatuan Susunan Kekuasaan dan Acara Pengadilan-Pengadilan Sipil maka, Pengadilan Swapraja (Zelfbestuursrechtspraak) dihapus diseluruh wilayar Republik Indonesia dan dibentuklah Pengadilan Tinggi Makassar meliputi daerah-daerah hukum segala Pengadilan Negeri yang lain dalam daerah Republik Indonesia termasuk Pengadilan Negeri Donggala yang pertama kali berkantor di rumah Pak Yunus di Jalan Sungai Gumbasa dengan dan memiliki tempat sidang tetap (Zitting Plaatsen) di Donggala, Poso, Toli-Toli dan Luwuk.

Pada tahun 1953 Pengadilan Negeri Donggala pindah ke kantor Swapraja. Satu tahun kemudian sekitar tahun 1954 pindah ke Kantor Besar di jalan Ahmad Dahlan dan tahun berikutnya berkantor di Rumah Bapak Yoto Djanggola.

Dengan keluarnya Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1968 tentang Pembentukan Pengadilan Tinggi di Menado dan Perubahan Daerah Hukum Pengadilan Tinggi di Makasar, maka wilayah hukum Pengadilan Tinggi Manado meliputi Pengadilan Negeri Tondano, Kotamobagu, Tahuna, Gorontalo,  Limboto, Donggala, Poso, Toli-Toli dan Luwuk.

Sebelum dibentuknya Pengadilan Negeri Tolitoli, maka peradilan yang dilaksanakan adalah peradilan swapraja. Sedangkan Pengadilan Negeri Tolitoli dibentuk dan didirikan tahun 1952 dengan luas wilayah masih meliputi Daerah Tingkat II Buol - Tolitoli, tapi pada tahun 2009 Pengadilan Negeri Buol akhirnya berdiri sendiri atau terpisah dari Pengadilan Negeri Tolitoli. saat ini Pengadilan Negeri Tolitoli telah beberapa kali berganti Pejabat Ketua dan Pejabat Ketua Pengadilan Yaitu

1. IDRUS MUHAMAD POESADAN,S.H (Tahun 1988 - Tahun 1991)

2. H.M LUTFI, S.H,M.H ( Tahun 2004 - Tahun 2006)

3. FIRZAL ARZY, S.H,M.H (Tahun 2006 - Tahun 2008)

4. JOOTJE SAMPALENG (Tahun 2008 - Tahun 2011)

5. DIDIT SUSILO GUNTONO, SH. MH (Tahun 2011 - )

6. KUNADI,S.H (Tahun 2013 - Tahun 2014)

7. AHMAD YANI, S.H,M.H (Tahun 2014 - Tahun 2016)


Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Tolitoli

Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Tolitoli mencakup 10 (Sepuluh) Kecamatan di Kabupaten Tolitoli yaitu Kecamatan Baolan, Kecamatan, Galang, Kecamatan Dako Pamean, Kecamatan Dondo, Kecamatan Basidondo, Kecamatan Lampasio, Kecamatan Ogodeide, Kecamatan Dampal Utara, Kecamatan Dampal Selatan dan Kecamatan Tolitoli Utara..